Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manajemen Krisis Garuda Lemah Saat Respon “Menu Tulis Tangan”

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 17 Juli 2019, 17:44 WIB
Manajemen Krisis Garuda Lemah Saat Respon “Menu Tulis Tangan”
Menu tulis tangan di kelas bisnis Garuda/Net
rmol news logo Menu makanan yang ditulis tangan dalam penerbangan kelas bisnis pesawat Garuda sempat viral di media sosial setelah diunggah oleh dua orang vloger, Rius Vernandes dan Elwiyana Monica, yang merekam peristiwa tersebut.

Namun di balik viral tersebut, pengamat penerbangan Alvin Lie mencatat ada manajemen krisis yang buruk dalam internal perusahaan plat merah tersebut. Khususnya dalam merespon unggahan vloger yang telah dilaporkan ke polisi oleh Garuda itu.

Garuda, sambungnya, merespon dengan peraturan bahwa para penumpang tidak boleh memotret atau melakukan perekaman video selama dalam penerbangan.

“Namun setelah direspon dengan cacian netizen, peraturan tersebut diubah jadi sebatas imbauan. Sementara kedua vloger tetap dilaporkan ke polisi,” terang anggota Ombudsman RI itu dalam diskusi “Ngopi Bareng Ombudsman” di Kantor Ombudsman, Kuningan, Jakarta, Rabu (17/7)

Respon yang berubah, dinilai Alvin sebagai bentuk lemahnya manajemen krisis di Garuda. Sebab, pengumuman itu tidak didasarkan dengan fakta-fakta yang lengkap dan terverifikasi kebenarannya.

“Garuda ini masih sangat lemah dalam krisis manajemen, masih sangat lemah dalam public communication, komunikasi publiknya. Informasi apa yang akan disampaikan kepada publik tidak terkelola dengan baik,” tegasnya.

Menurutnya, setiap lembaga atau organisasi pasti akan menghadapi kondisi krisis. Untuk itu, dibutuhkan manajemen yang baik dalam mengelola krisis tersebut.

“Kalau kita mengelolanya baik, krisis itu justru dapat dijadikan suatu berkah bagi kita,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA