Minimal Gerindra Dapat Dua Menteri Dan Satu Wantimpres

Kamis, 18 Juli 2019, 17:33 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Prabowo dan Jokowi/Net

Pertemuan presiden terpilih Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memunculkan banyak persepsi. Salah satunya, dugaan Gerindra bakal bergabung dengan koalisi partai pendukung Jokowi-Maruf.

Penggagas Masyarakat Madani untuk Oposisi Indonesia, Ray Rangkuti tidak memungkiri persepsi itu muncul di masyarakat.

Dia bahkan menyebut partai berlambang kepala Garuda itu memiliki peluang paling besar merapat ke kubu Jokowi-Maruf ketimbang partai lain di koalisi pendukung Prabowo-Sandi.

Baca: Di Antara Pendukung Prabowo, Gerinda Paling Berpeluang Gabung Jokowi

Ray memprediksi bahwa Gerindra akan mendapat jatah kursi menteri atas jika keputusan merapat dilakukan. Minimal, sambungnya, Prabowo cs dapat dua kursi dan satu slot untuk Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

"Saya kira realistis aja dua. Dapat dua kursi kabinet, ya mungkin nanti Wantimpres satu," ujarnya kepada Kantor Berita RMOL usai diskusi di Matraman, Jakarta Timur, Kamis (18/7).

Kursi itu menurutnya realistis diberikan karena Jokowi memang ingin memperkuat pondasi di parlemen. Termasuk untuk mengurangi tensi politik pasca Pilpres 2019.

"Nah mungkin dengan cara begitu akan berkuasa sekaligus ikut di dalam kekuasaan dan akan dapat lebih menekan keriuhan,” pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019