Pekan Depan, Wiranto Jamu Xanana Gusmao Bahas Perbatasan

Kamis, 18 Juli 2019, 21:16 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Wiranto/RMOL

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto akan menjamu Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao pada Senin (22/7) mendatang.

Kedatangan Xanana bertujuan untuk membahas mengenai perbatasan bekas provinsi Indonesia itu.

"Kunjungan Xanana Gusmao pada Senin (22/7)," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (18/7).

Kedatangan Xanana, kata Wiranto, akan disambut dan didampingi oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Selanjutnya, secara bersama akan membahas dan menyelesaikan Senior Official Consultation (SOC).

SOC merupakan kegiatan untuk membahas secara teknis penyelesaian sengketa batas negara. Kedua negara sudah pernah berdiskusi pada tahun 2017 lalu.

"Pertemuan saya dengan Xanana lebih tepat disebut pertemuan untuk keputusan politis. Untuk mengukuhkan hasil SOC kelima di Bali," jelas Wiranto.

Wiranto menyebutkan, pembahasan SOC ini telah mengalami kemajuan. Terlebih dengan pertemuan pada Senin pekan depan akan memastikan penyelesaian dua titik perbatasan.

"Ada kemajuan yang sangat bagus sekali. Dan kemajuan-kemajuan, itu akan kita finalisasi nanti dalam kunjungan Xanana Gusmao pada hari Senin nanti tanggal 22," tuturnya.

Dua titik perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste itu adalah di Noel Besi-Citrana yang berada berada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) RI yang berbatasan dengan Oecusse-Ambeno, wilayah Timor Leste.

Sementara itu titik kedua di Bidjael Sunan-Oben, yang berada di Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara.  

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019