Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengusaha Dukung Pemerintah Pasarkan Produk Ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 20 Juli 2019, 01:44 WIB
Pengusaha Dukung Pemerintah Pasarkan Produk Ke China
Kapal kargo/Net
rmol news logo Langkah pemerintah dalam menggenjot perdagangan mendapat dukungan pengusaha. Termasuk langkah teranyar, dengan datang melobi pemerintah China untuk memasarkan produk Indonesia.

Dalam hal ini, pemerintah menawarkan komoditas minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO), buah-buahan, dan sarang burung walet untuk bisa diekspor ke negeri tirai bambu.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menilai langkah tersebut harus didukung mengingat China memiliki populasi besar mencapai 1,2 miliar penduduk.

"Kita mendukung upaya yang dilakukan Menteri Perdagangan. Ini pangsa pasar yang punya prospek besar pula," tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (19/7).

Menurutnya, pendekatan secara pemerintah dengan pemerintah atau G to G penting dilakukan lantaran China sedang melakukan pembatasan impor.

Sementara di satu sisi, transaksi perdagangan antara Indonesia dan China tidak seimbang. Artinya jauh lebih besar impor barang dari China daripada ekspor komoditi Indonesia.

"Sudah saatnya kita lebih proaktif mencari peluang baru di China,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menilai bahwa pemerintah bisa menuntut janji  China  untuk membeli CPO lebih banyak dari Indonesia.

“Mungkin menteri kita datang menagih," kata Sofjan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA