Golkar: Amien Rais Tidak Mau Rumongso

Minggu, 21 Juli 2019, 16:41 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily/Net

Koalisi pendukung presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Maruf Amin tak terima dengan syarat rekonsiliasi yang disuarakan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais.

Dalam syarat yang diajukan, Amien Rais meminta jatah kursi sebanyak 45 persen untuk oposisi dan 55 persen bagi koalisi.

"Kami yang menang tapi kok dia yang menentukan syarat. Itu namanya tidak mau rumongso (memiliki rasa)," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily kepada Kantor Berita RMOL, Minggu (21/7).

Ace menyebut, sebetulnya koalisi pemerintah tidak pernah menutup pintu bagi siapapun yang ingin bergabung dan bersama-sama membangun Indonesia.

Kalaupun syarat Amien dimasukkan, kata Ace, hal itu sulit tercapai lantaran Jokowi-Maruf memiliki gagasan dan ide yang berbeda dengan pasangan calon yang diusung oposisi, yakni Prabowo-Sandi.

"Dalam kampanye dan debat tersebut jelas sekali terjadi beberapa perbedaan mendasar tentang arah Indonesia lima tahun ke depan," tukasnya.

Ada dua hal yang menjadi syarat rekonsiliasi menurut Amien Rais. Pertama adalah pembagian kursi 45 persen untuk oposisi dan 55 persen untuk koalisi. Syarat kedua adalah program Prabowo-Sandi harus diadopsi pemerintahan Jokowi-Maruf ke depan.

"Ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati, berarti rezim (Jokowi) ini sudah jalan akalnya. Tapi ini kan enggak mungkin," ucap Amien.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019