Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Renovasi Masjid Istiqlal Ditarget Rampung Sebelum Ramadan Tahun Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 22 Juli 2019, 01:18 WIB
Renovasi Masjid Istiqlal Ditarget Rampung Sebelum Ramadan Tahun Depan
Masjid Istiqlal/Net
rmol news logo Renovasi Masjid Istiqlal yang telah dimulai sejak bulan Mei lalu ditargetkan bisa rampung sebelum Ramadan tahun depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan renovasi rampung pada Maret 2020

Dia menjelaskan bahwa renovasi yang dilakukan bukan dalam skala kecil. Sebab tidak hanya bagian dalam masjid yang diperbaiki, melainkan juga landscape bangunan agar lebih baik.

“Sehingga Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia, namun juga kebanggaan bangsa Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab, Minggu (21/7).

Basuki menjelaskan pembersihan masjid sejauh ini cukup positif. Seperti pada selasar tengah, di seluruh lantai yang kusam sudah lebih berkilap. Dari perhitungan alat glossy meter disebutkan bahwa tingkat kilap lantai Masjid Istiqlal menunjukan angka 132.

“Sebelumnya hanya 32,” ujarnya.

Kepada kontraktor pelaksana, Menteri Basuki menekankan agar tidak hanya memaksimalkan fungsi Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan arsitektur, seni, estetika, dan yang tidak kalah penting tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid.

Menteri PUPR juga menginstruksikan agar seluruh pagar pembatas ditempel informasi seputar renovasi, sehingga masyarakat mengetahui kondisi sebelum dan sesudah renovasi.

“Jumlah pekerja saat ini sekitar 200-an orang, akan ditambah menjadi 400 orang supaya progresnya bisa lebih cepat, harus dikeroyok semua lini. Semua harus diperbaiki agar terdesain lebih baik,” tegasnya.

Total luas area Masjid Istiqlal sebesar 109.547 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 80.948 meter persegi dan berdaya tampung sebanyak 200.000 jamaah. Renovasi yang bersifat menyeluruh dari Masjid Istiqlal baru kali ini dilakukan setelah 41 tahun sejak pertama kali digunakan tahun 1978.

Renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan oleh PT Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dan PT. Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi.

Nilai kontrak pelaksanaan renovasi sebesar Rp 465,3 miliar dengan masa pekerjaan 300 hari kalender menggunakan APBN Tahun Jamak (2019-2020). Selama proses renovasi, jamaah tetap dapat melakukan kegiatan ibadah di Masjid Istiqlal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA