Ingin Ulangi Kemesraan 2009, PDIP Didorong Dukung Demokrat Jadi Ketua MPR

Senin, 22 Juli 2019, 14:57 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan/Net

Partai Demokrat ingin mengulang kemesraan dengan PDI Perjuangan terkait lobi-lobi pucuk pimpinan MPR RI.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan, peluang terulangnya kemesraan bisa terjadi pada pemilihan pimpinan MPR yang menggunakan sistem paket.

"Partai Demokrat punya sejarah dekat dengan PDI Perjuangan pada tahun 2009 di pemerintahan Pak SBY," ujar Syarief di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Syarief menceritakan saat itu Demokrat pemenang pemilu dan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi presiden untuk periode kedua.

Dengan posisi strategis itu, lanjutnya, Demokrat menempati ketua DPR dan ketua MPR diberikan kepada PDIP (Taufiq Kiemas, suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) yang tidak lain berstatus lawan politik.

"Jadi 2009-2014 saya pikir masa-masa mesranya Demokrat dengan PDIP. Pada saat itu Partai Demokrat ketua DPR, PDIP jadi ketua MPR. Dan itu didukung penuh oleh Partai Demokrat," jelasnya.

Syarief berhadap kemesraan tersebut terulang pada periode sekarang 2019-2024, dengan posisi jabatannya bertukar.

"Kalau saja terjadi ketua DPR-nya adalah PDIP, mungkin bagus juga kalau MPR-nya itu dijabat oleh Partai Demokrat," tukas anggota DPR ini.

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019