Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPD RI Mendatang Harus Lebih Serius Perjuangkan Aspirasi Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 23 Juli 2019, 11:59 WIB
DPD RI Mendatang Harus Lebih Serius Perjuangkan Aspirasi Daerah
DPD RI/Net
rmol news logo Memasuki empat periode Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, keberadaan peran lembaga senator belum begitu dirasakan oleh masyarakat khususnya di daerah. Salah satu penyebabnya adalah kewenangan terbatas yang dimiliki DPD.

Begitu disampaikan Sekretaris Jenderal Solidaritas Bersama Kuatkan DPD (Sobat DPD), Zico Armando kepada Kantor Berita RMOL, Selasa (23/7).

"Selain kinerja yang sangat minim di periode 2014-2019, DPD justru tercoreng dengan Ketua DPD Irman Gusman yang ditetapkan sebagai tersangka dan munculnya polemik di internal pimpinan DPD," kata Zico Armando.

Masyarakat daerah sangat menaruh harapan kepada DPD periode 2019-2024 mendatang dapat bekerja lebih baik dan serius dalam memperjuangkan aspirasi daerah di pusat.

Dari 136 anggota DPD terpilih yang berstatus petahana atau wajah lama, hanya 44 orang selebihnya adalah wajah baru dari berbagai latar belakang. Menurut Zico Armando, ini adalah kekeuatan DPD pada masa mendatang.

"Saat ini dibutuhkan pimpinan senator yang berkualitas, mencintai DPD, memperkuat DPD dan dapat membangun sinergi dengan DPR untuk kepentingan  daerah di 34 provinsi," pungkasnya.

Belakangan muncul beberapa nama anggota DPD terpilih 2019-2024 yang digadang-gadang akan menduduki posisi Ketua DPD RI. Wajah lama seperti GKR Hemas dan Nono Sampono, sementara wajah baru ada Jimly Asshiddiqie, La Nyalla Mattalitt dan Fadel Muhammad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA