Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikritik Sering Dinas Ke Luar Negeri, Anies: Saya Ke Luar Kerja, Bukan Jalan-Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 23 Juli 2019, 16:27 WIB
Dikritik Sering Dinas Ke Luar Negeri, Anies: Saya Ke Luar Kerja, Bukan Jalan-Jalan
Anies Baswedan/Net
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara terkait kritikan Mendagri Tjahjo Kumolo yang mempersoalkan dirinya kerap melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Menyikapi hal itu, Anies mengajak Kemendagri untuk transparan serta membuka data terkait kunjungan kerja kepala daerah ke luar negeri. Ia juga berjanji akan membeberkan data kunjungan ke negara luar.

"Saya malah senang kalau diatur dan datanya dibuka, daftar kegiatannya apa. Dengan begitu saya bisa menunjukan, ini loh kunjungan kerja saya," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (22/7).

Anies mengakui sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke luar negeri, dimulai dari benua Asia yakni Jepang dan terakhir ke Kolombia dan Amerika Serikat.

Anies memastikan mengantongi alasan cukup kuat, karena kepergiannya merupakan agenda resmi kepala daerah yang diundang penyelenggara secara langsung.

Meski mendapat kritik, Anies mengklaim ada beberapa kunjungannya yang berhasil dan dilihat oleh mata dunia. Salah satunya adalah Jakarta yang berhasil menjadi tuan rumah balapan Formula E, dan dampaknya bisa meluas kepada perkembangan investasi di Jakarta.

"Saya alhamdulillah setiap kali pergi justru untuk mengundang orang datang ke Indonesia, termasuk membawa Formula E untuk bermain di sini. Nah itu harus dikerjakan dengan datang ke luar negeri," jelas Anies.

"Baik diatur Kemendagri, dengan begitu Kemendagri bisa mengatur mana yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan kerja sama, investasi, dan mana yang pergi untuk jalan-jalan," tutupnya.

Diketahui, kritikan Tjahjo Kumolo sempat dilontarkan kepada kepala daerah yang kerap keluar negeri.

"Dasarnya ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi tidak mengajukan izin. Kan nggak enak. Kami ditanya Bapak Presiden. Nggak. Ya sebagai contoh Pak Anies ya. Dia nggak ada wakil tapi satu tahun berapa kali dia. (Ada yang) hampir sebulan dua tiga kali. Ada loh gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA