Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peluang Bamsoet Masih Ada Jika Munas Digelar Desember

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 23 Juli 2019, 20:23 WIB
Peluang Bamsoet Masih Ada Jika Munas Digelar Desember
Bambang Soesatyo dan Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Bambang Soesatyo (Bamsoet) dinilai berpeluang menduduki kursi ketua umum Partai Golkar pada Musyawarah Nasional (Munas) mendatang. Peluang tersebut bahkan lebih besar jika Munas digelar lebih cepat.

"Kalau Munas diselengarakan lebih cepat, bulan Oktober misalnya, dengan posisinya hari ini yang masih diperhitungkan, boleh jadi Bamsoet punya peluang lebih dibanding Airlangga. Kalau Desember berimbang, malah bisa jadi muncul kuda hitam," kata Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin saat dihubungi wartawan, Selasa (23/7).

Faktor lain yang menentukan keterpilihan calon ketua umum yakni jaringan politik yang dimiliki kandidat.

Seperti diketahui, Bamsoet yang kini menjabat Ketua DPR RI dikenal memiliki kedekatan dengan kader-kader Golkar di daerah.

Sementara itu, dari sisi kedekatan dengan penguasa, imbuh Said, baik Bamsoet maupun Airlangga sama-sama memiliki akses ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada tingkat tertentu, Bamsoet punya hubungan mesra dengan Pak Jokowi. Tapi bukan berarti Airlangga tidak dekat dengan Jokowi. Faktor keterpilihan Bamsoet sebagai ketua DPR tak lepas dari faktor Jokowi. Apa lagi belakangan ini Bamsoet banyak mengumbar dukungan kepada Jokowi," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA