Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konco Presiden Jokowi Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-5'>MEGA SIMARMATA</a>
OLEH: MEGA SIMARMATA
  • Kamis, 25 Juli 2019, 09:07 WIB
Konco Presiden Jokowi Resmi Jadi Perdana Menteri Inggris
Jokowi saat mengajak Boris Johnson bersepeda di Car Free Day 5 tahun silam/Net
RESMI, Mantan Wali Kota London Boris Johnson menjadi Perdana Menteri Inggris.

Dengan diterimanya Boris Johnson oleh Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham pada Rabu (23/7) kemarin, menandakan pria bergaya rambut unik ini direstui Sang Ratu untuk menjadi Perdana Menteri Inggris dan akan berkantor di Downing Street 10.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump luar biasa bahagia atas naiknya Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris. Pujian setinggi langit disampaikan Trump untuk Boris Johnson.

Satu fakta yang tak bisa terhapus jejaknya dari lembaran sejarah adalah kuatnya dukungan Kerajaaan Inggris, Pemerintah Inggris, bahkan Boris Johnson sendiri terhadap sosok Jokowi secara pribadi maupun kepada Pemerintahan Indonesia yang sejak 20 Oktober 2014 dipimpin oleh eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Lima tahun silam, saat Jokowi baru 40 hari menjabat sebagai Presiden Indonesia, Boris Johnson yang saat itu masih menjadi Wali Kota London, datang berkunjung ke Jakarta.

Presiden Jokowi mengajak Boris Johnson menikmati suasana dan berolahraga dengan bersepeda di area Car Free Day, Minggu (30/11/2014)

Ikut mendampingi Presiden Jokowi gowes bersama Boris Johnson adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Andika Perkasa.

Perjalanan Boris ke Jakarta rupanya begitu berkesan.

Kesan indah saat berkunjung ke Jakarta, dituangkan Boris Johnson dalam tulisannya di media Inggris The Telegraph, dengan judul 'Indonesia adores the Brits, so why aren’t we trading there?' edisi Senin (1/12/2014).

Berikut kutipan tulisan Boris di The Telegraph tentang Presiden Jokowi dan Kota Jakarta:

"Di sini, saya di Jakarta setelah seperempat abad, dan ada beberapa hal yang mengejutkan. Sebagai permulaan, mereka semua bangun pagi-pagi. Azan dimulai di luar hotel saya pukul 04.12, dan tidak ada yang akan tidur setelah itu.

Pukul 06.00, matahari naik, dan begitu pula puluhan, atau ratusan, bahkan ribuan orang Indonesia sudah berkumpul di sekitar pusat kota. Mereka melambai-lambaikan tangan mereka, seperti mistis mereka lakukan serempak, mereka bergoyang diiringi musik rock.

Ada kios yang menjual makanan pedas dengan saus kacang, dan ada ribuan orang yang berkerumun di sekitar, bersepeda. Bagaimana bisa? Karena mereka memiliki car free day, setiap hari Minggu, 06.00-11.00. Ini adalah hal yang indah untuk dilihat, akan fantastis untuk melakukan sesuatu seperti ini di London.

Satu-satunya pertanyaan adalah: bagaimana kita akan membujuk Brits (warga London) untuk bangun pagi-pagi? Jakarta telah berkembang pada kecepatan yang luar biasa sejak saya terakhir berada di sini. Gedung pencakar langit besar berada di seluruh tempat.

Kembali pada awal 90-an, saya pergi ke sebuah kelab malam, Fellini-esque, atas desakan adik saya. Dan saya memiliki ingatan samar-samar, tempat itu penuh perempuan muda. Hari-hari kehidupan malam ini rupanya menjadi lebih menarik, dan sekarang tempat ini berada dalam suasana demokrasi.

Saya bersepeda menyusuri jalan-jalan, naik-turun dengan Presiden baru Joko Widodo -yang dielu-elukan di semua sisi oleh para penggemarnya. 'Jokowi' memiliki status seperti bintang rock, paling tidak karena ia telah dikenal untuk melompat ke tahapan tersendiri, seolah mengambil gitar dan mulai meloncat seperti Jon Bon Jovi, tetapi juga karena ia berasal dari rakyat. Ia membuat kagum dunia politik dengan memutuskan untuk membayar tarif penerbangan sendiri ke Singapura untuk menghadiri wisuda anaknya, dan menggunakan penerbangan ekonomi.

Ini luar biasa untuk berpikir bahwa tempat ini pernah dirundung kediktatoran, sampai saat ini dan kemudian ada satu hal lagi tentang Indonesia yang benar-benar mengejutkan. Mereka menyukai kita. Maksudku, kita, orang Inggris.

Seperti saat bersepeda menyusuri jalan, kami melewati dua bangunan dihiasi dengan bendera 'Union' besar, mengatakan 'London Cycle Taxis'. Bahkan, ada beberapa toko yang menjual perlengkapan dari Inggris dan bendera 'Union', dan orang-orang berkeliaran di sekitar dengan topi hingga kaos bergambar bendera 'Union', dan ini tidak datang dari Inggris sejauh 10.000 kilometer.

Kami melihat puluhan anak-anak mengenakan sweater klub-klub Premier League: Arsenal, Chelsea, Manchester United, dan sebagainya. Ketika saya  meninggalkan Istana Presiden, seorang pria muda datang kepada saya dan berkata: "Saya suka keluarga kerajaan Anda. God Save the Queen". Mereka menyukai Beatles, pasti! Tetapi mereka juga suka Coldplay dan Adele, dan musik pop modern asal Inggris terdengar tanpa henti di pusat-pusat perbelanjaan baru mereka.

Menurut survei terbaru dari Indonesia, 69 persen mereka memiliki perasaan positif tentang Inggris - menarik, jika tidak sama sekali, jelas bahwa 69 persen orang Inggris memiliki perasaan positif tentang Inggris.

Mengapa mereka seperti kita? Saya menyelidikinya, terus terang. Mungkin kita dipandang sebagai
a) tidak Amerika dan
b) tidak Australia dan
c) para pemilik merek nasional cukup keren dan asyik, kreatif.

Bagaimanapun, itu adalah sesuatu yang baik untuk membangun. Setelah semua, Indonesia merupakan pasar yang kolosal, dan itu akan menjadi lebih besar. Ini adalah pusat kekuatan negara-negara ASEAN, 40 persen dari kekuatan ekonomi blok itu.

Kepulauan ini sangat luas -membentang jarak yang sama seperti London ke Teheran. Indonesia memiliki 242 juta penduduk, akan mencapai 280 juta pada 15 tahun ke depan. Dan pertumbuhan ekonomi telah berdetak di angka 6 persen per tahun. Menurut IMF, Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar kelima di dunia pada tahun 2030. Ini adalah konsumen masa depan -dan mereka mencintai merek Inggris.

Jadi, Anda akan mengharapkan perusahaan-perusahaan Inggris untuk menumpuk di satu tempat, bukan? Yang mengapa begitu mengecewakan untuk menemukan bahwa Indonesia hanya pasar ekspor terbesar ke-46 bagi perusahaan-perusahaan Inggris, dan menemukan bahwa investasi Indonesia di Inggris minimal.

Ya, ada beberapa perusahaan Inggris heroik yang beroperasi di Jakarta. Mal penuh dengan pengecer Inggris seperti Marks & Spencer dan Debenhams. Perusahaan-perusahaan minyak Inggris, bank, dan perusahaan asuransi juga melakukan investasi dengan baik.

Namun negara memiliki kebutuhan kolosal untuk infrastruktur baru, sehingga Anda akan berpikir ada yang lebih dari pasar untuk insinyur Inggris dan perusahaan konstruksi, untuk desainer dan konsultan. Seseorang akan berpikir Indonesia ingin lebih dan lebih terhadap barang mewah Inggris -dari Range Rover hingga Jermyn Street.

Apa yang menahan kita? Orang-orang telah memberikan berbagai saran. Ada masalah abadi, seperti birokrasi dan korupsi. Nah, jika ada masalah dengan pejabat korup, maka itu adalah masalah bahwa pemerintah Jokowi berjanji untuk memilah-milah.

Ada keluhan tentang kurangnya penerbangan langsung dari London -dan itu hanya akan benar-benar diselesaikan ketika kita melakukan apa yang semua ibu kota di wilayah ini lakukan, dan membangun sebuah bandara yang dapat mengatasi kebutuhan bisnis Inggris. Ada keluhan tentang Indonesia kesulitan dalam mendapatkan visa berkunjung dan belajar di Inggris -dan yang pasti perlu ditangani".


Itulah tadi kutipan tulisan Boris Johnson yang dimuat di The Telegraph edisi 1 Desember 2014.

Menutup tulisan ini, ucapan selamat kita sampaikan kepada Yang Mulia Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris yang baru.

Jika pada 2014, ia datang ke Jakarta sebagai Wali Kota London.

Ke depan, jika ia datang kembali ke Jakarta, ia akan datang sebagai Perdana Menteri Inggris.

Konco Presiden Jokowi yang berambut urakan itu, kini telah jadi pejabat superpenting: Perdana Menteri Inggris.

HELLO LONDON ..... !!!!

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA