Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Partai Anggota Koalisi Jokowi Akan Berhitung Ulang Kalau Prabowo Merapat

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 28 Juli 2019, 13:52 WIB
Partai Anggota Koalisi Jokowi Akan Berhitung Ulang Kalau Prabowo Merapat
Jokowi-Prabowo saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus/Net
Pengamat politik Muhamad Yusuf Kosim berpendapat, anggota partai koalisi yang sejak awal mendukung Jokowi di Pilpres kemarin akan berhitung ulang, apabila Gerindra merapat ke pemerintah.

Yuko -sapaan akrabnya- menilai peta koalisi berubah usai pertemuan politik Prabowo dengan Jokowi dan juga Megawati Soekarnoputri, termasuk soal peta perebutan jatah jabatan di Legislatif dan eksekutif.

"Masuknya Gerinda dalam koalisi pemerintah, tentu membuat partai koalisi awal seperti Golkar, PKB, Nasdem, dan PPP harus berhitung ulang. Tidak heran, ada pertemuan antar ketua partai tersebut di luar pertemuan Megawati dan Prabowo. Masuknya Gerinda tentu akan mengubah peta "jatah jabatan" di eksekutif dan legislatif," papar Yuko, kepada RMOL, Minggu (28/7).

Yuko menjelaskan, Ketua DPR RI sudah pasti menjadi milik PDIP sebagai pemenang pemilu. Untuk alat kelengkapan dewan lainnya pasti akan menjadi perebutan.

"Belum lagi posisi di MPR dan alat kelengkapannya. Posisi-posisi tersebut masih perlu dibicarakan dalam koalisi," tambah pria yang juga menjadi dosen di UNusia Jakarta ini.

ARTIKEL LAINNYA