Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Muda Jokowi Jangan Sebatas Anak Titipan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 29 Juli 2019, 08:56 WIB
Menteri Muda Jokowi Jangan Sebatas Anak Titipan
Jokowi/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo pernah mengutarakan niat untuk menggaet calon menteri dari kalangan anak muda. Namun demikian, mantan walikota Solo itu diingatkan untuk memilih anak muda yang benar-benar kompeten.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat politik, Emrus Sihombing menilai bahwa menteri muda itu bisa berasal dari kalangan partai pendukung. Hanya saja, Jokowi harus memastikan bahwa menteri tersebut tidak dipilih berdasarkan titipan orang tua.

Sebab, dia menilai saat ini ada kecenderungan pimpinan partai pendukung menyodorkan anaknya sebagai calon menteri Jokowi.

"Jangan tokoh-tokoh muda dari partai yang diangkat hanya karena bapaknya ketua partai lalu disodorkan anaknya atau keluarganya, jangan lah. Saya melihat ada kecenderungan itu," kata Emrus dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/7).

Jabatan menteri adalah hal yang sangat krusial dalam sebuah negara. Jabatan ini tidak boleh menjadi bahan eksperimen oleh kepentingan-kepentingan sempit dari keluarga-keluarga dekat petinggi parpol pendukung.

Untuk itu, dia menekankan agar menteri muda yang dipilih memiliki sejumlah kriteria. Di antaranya, keterampilan manajerial, kedewasaan berpikir, jiwa kepemimpinan, serta yang paling penting memiliki integritas dan loyalitas terhadap Pancasila

"Bila itu semua sudah terpenuhi, maka sejatinya dia jauh lebih baik dari menteri yang berusia lebih tua," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA