Forest City Jadi Konsep Ibukota Baru

Kamis, 01 Agustus 2019, 16:57 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Bambang Brodjonegoro/RMOL

Wacana pemindahan ibukota bukan isapan jempol belaka. Pemerintah melalui kementerian terkait serius menggodok pemindahan pusat pemerintah, bahkan ditarget bakal terealisasi tahun 2024.

Pembahasan itu juga digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam Dialog Nasional III bertajuk “Menuju Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful and Sustainable”.

Dalam kesempatan ini Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa pemindahan ini merupakan hal yang mendesak dan tidak bisa dimundurkan lagi.

Pulau Kalimantan, sambungnya, akan dibuat spesial. Sebab, rancangan ibukota yang akan dibangun mengedepankan kemajuan teknologi. Tata ruang kota akan dibuat dengan konsep hijau.

“Konsepnya bukan hanya garden city tapi forest city, karena bagimana pun kalimantan adalah paru-paru dunia," ujarnya Kantor Bappenas, Jakarta pada Kamis (1/8).

Lebih lanjut, dia meminta masyarakat untuk tidak kaget atau khawatir negara bakal mengalami kemunduran pasca ibukota berganti. Sebab, banyak negara yang telah berhasil menjadi negara maju setelah pindah ibukota.

"Ada Korea Selatan, kemudian Brazil, tetangga kita Australia dan Malaysia, jadi tidak usah terlalu kaget," ungkapnya.

Kolom Komentar


Video

Kolone Tongkat oleh Peserta Pramuka Terbanyak

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

PKS Konsisten Oposisi

Senin, 21 Oktober 2019