Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut Bangga Perekonomian Indonesia Dipuji Anggota Kongres AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 02 Agustus 2019, 03:56 WIB
Luhut Bangga Perekonomian Indonesia Dipuji Anggota Kongres AS
Luhut Binsar Pandjaitan dan Anggota Kongres AS, Vern Buchanan/Ist
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dinilai semakin mengalami peningkatan diapresiasi oleh anggota Kongres Amerika Serikat (AS).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomaritim), Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutan pembuka di acara US Indonesia Partnership Luncheon bertema Expanding Our Billateral Trade and Investment, di Jakarta, Kamis (1/8).

“Menurut Congressman Vern Buchanan, ia menilai diskusi yang berjalan tadi sudah cukup baik, dan tadi saya jelaskan juga policy dari Pemerintah Indonesia, juga progress ekonomi kita. Tadi mereka juga mengapresiasi penjelasan yang sudah kami paparkan,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyebut Presiden Joko Widodo telah meminta agar Indonesia dapat membuka pelung investasi. Hal itu untuk membuka lapangan kerja baru yang berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Presiden selalu katakan untuk kita dapat membuka peluang investasi seluas-luasnya dan mereka pun berpendapat sama. Yang jelas dari negara manapun bisa menanamkan investasi di Indonesia," jelasnya.

Indonesia, tegas Luhut, tidak hanya bekerja sama dengan satu negara seperti Tiongkok, melainkan terbuka dengan semua negara yang berminat menanamkan modal, dengan catatan harus patuh terhadap regulasi yang ada.

Seperti halnya Crown Prince United Arab Emirate, Muhammad bin Zaid yang sudah mengirimkan timnya ke Indonesia. Kemudian, kata Luhut, Masayoshi San, Peter Ma, dan Raja Saudi Arabia, Muhammad bin Salman.

"Dari sini terlihat kita tidak harus spesifik bekerja sama dengan satu negara saja, dengan negara mana saja kita bebas bekerja sama,” tegas Luhut.

Meski terbuka, ia menegaskan bahwa yang paling penting adalah menjunjung tinggi national interest Indonesia.

Anggota Kongres AS, Vern Buchanan mengungkapkan, kunjungan anggota legislatif AS ke Indonesia adalah bagian dari perayaan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat. Ia mengapresiasi atas eratnya hubungan persahabatan yang sudah berlangsung.

“Kongres Amerika Serikat akan terus mendukung kerja sama dengan Indonesia. Amerika Serikat dan Indonesia adalah sahabat dekat,” ujarnya.

Beberapa kerja sama yang akan dilakukan, di antaranya adalah peningkatan bidang pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemudian kerja sama antar institusi pendidikan tinggi dan peningkatan profesionalisme angkatan bersenjata melalui latihan militer bersama, serta kerja sama penanggulangan bencana.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, yakni Delegasi Anggota Kongres Amerika Serikat, antara lain Congressman David Price, Congressman Vern Buchanan, dan juga Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA