Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TGB Dan Dua Bos Relawan Diusulkan Jadi Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 02 Agustus 2019, 10:35 WIB
TGB Dan Dua Bos Relawan Diusulkan Jadi Menteri
Tuan Guru Bajang/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo telah menerima calon-calon menteri dari partai politik. Jokowi pun membuka peluang kepada relawan untuk mengusulkan nama-nama menteri khususnya dari kalangan milenial.

Menanggapi hal itu, Direktur Al-Mentra Institute, Karman BM mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keterbukaan Jokowi dalam proses penyusunan kabinet 2019-2024. Al-Mentra Institute adalah relawan Jokowi-Maruf pada pilpres lalu.

"Kami sangat mengapresiasi keterbukaan Presiden Jokowi dalam proses penyusunan kabinet," kata mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (PP GPII) itu dalam keterangan tertulis kepada redaksi, Jumat (2/8).

Menurut Karman, periode kedua butuh sosok menteri pekerja keras yang memiliki pengalaman panjang, kapasitas dan integritas. Dan yang paling penting adalah mereka paham agenda strategis bagi pembangunan bangsa dan negara.

Sosok yang dianggap mumpuni dan sesuai dengan kriteria itu ada pada sosok mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB), Ketua Umum Relawan Indonesia Jokowi (Reliji) Bursah Zarnubi dan Ketua Umum Relawan Bangsa Suaib Didu.

Tiga tokoh tersebut, jelas Karman, sangat layak diusulkan jadi menteri. Karena mereka kaya dengan pengalaman lapangan.

"Mereka sosok yang sangat tepat membantu Presiden Jokowi dengan pengalaman panjang dan rekam jejak selama karirnya," pungkasnya.

TGB adalah ulama sekaligus umara. Artinya memiliki penguasaan luas tentang ilmu agama Islam dan pernah menjadi Gubernur NTB dua periode. Peraih gelar sarjana sampai doktor dari Universitas Al Azhar Mesir itu beberapa hari lalu dianugerahi bintang Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden.

Bursah Zarnubi, mantan anggota DPR RI dari Partai Bintang Reformasi, memiliki kedekatan dengan aktifis dari berbagai kalangan. Semasa mahasiswa dia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kelompok Cipayung. Pada Pemilu 2019, dia membentuk jejaring Relawan Indonesia Jokowi (RELIJI) untuk memenangkan Jokowi-Makruf.

Sementara Suaib Didu adalah mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII). Dia ikut mendirikan jaringan aktifis muslim se ASEAN, Asean Muslim Youth Secretariat (AMSEC). Saat ini aktif sebagai pengusaha properti. Sembari mempertahankan kepedulian sosialnya dengan mendirikan lembaga mitigasi bencana dan pilantropi Relawan Bangsa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA