Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pindah Kantor Pertamina Perjelas Dominasi Luhut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Sabtu, 03 Agustus 2019, 00:14 WIB
Pindah Kantor Pertamina Perjelas Dominasi Luhut
Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Pemindahan sementara kantor Pertamina ke gedung Sopo Del terus menuai kritik dari masyarakat. Sebab, gedung itu merupakan milik PT Toba Bara Sejahtra Tbk, yang mayoritas sahamnya dimiliki Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Pengamat politik Universitas Negeri Jakarta Ubedillah Badrun menilai Menko Luhut merupakan bagian dari oligarki ekonomi dan politik di Indonesia.

Sehingga, pemindahan kantor pertamina ke kantor Luhut telah menunjukkan jati diri mantan Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklat TNI AD) itu yang sesungguhnya, yakni bagian dari oligarki.

“Itu adalah bagian untuk memperjelas dominasi oligarki ekonomi dan politik di Indonesia," katanya kepada Kantor Berita RMOL, Jumat (2/8).

Ubedilah mengingatkan, penyakit sebuah politik di sebuah negara ialah ketika oligarki masuk dan menguasai pemerintahan.

Untuk itu, pemindahan kantor perusahaan plat merah yang menangani urusan minyak itu harus terus dikontrol. Sehingga tidak ada kolusi maupun hal-hal lain yang bisa merugikan negara.

“Ketika oligarki ekonomi itu masuk karena politik dan kemudian menguasai politik, maka kemudian yang terjadi adalah politik dibawah kendali kekuatan oligarki," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA