Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Jaksa Agung, Alumni IMM Dukung PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 03 Agustus 2019, 01:33 WIB
Soal Jaksa Agung, Alumni IMM Dukung PDIP
Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Armyn Gultom/Net
rmol news logo Ketegasan PDI Perjuangan yang menolak agar Kejaksaan Agung tidak dipimpin kader partai mendapat dukungan.

Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Armyn Gultom menilai ketegasan yang dinyatakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto selaras dengan cita-cita menjadikan hukum sebagai panglima di negeri ini.

Menurutnya, penempatan kader parpol di posisi Jaksa Agung justru mengancam independensi korps Adhyaksa dalam menegakkan hukum secara berkeadilan.

"Sebaiknya Jaksa Agung diberikan kepada jaksa karir yang berprestasi dan tidak partisan, karena posisi lembaga kejaksaan merupakan salah satu lembaga penegakan hukum paling krusial, di samping kepolisian dan kehakiman," ujarnya di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Jumat (2/8).

Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta ini mengaku kerap mendengar desas-desus yang menyebut institusi kejaksaan yang dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk kepentingan politik tertentu.

Jika rumor itu benar, kata Armyn, maka sama saja mengkhianati amanat reformasi bangsa. Sebab reformasi seharusnya membawa bangsa pada masa demokrasi dan keterbukaan yang salah satunya adalah reformasi hukum.

“Sedangkan kian ke sini semakin banyak kita temui mantan politisi yang menjadi hakim agung, pimpinan BPK hingga Jaksa Agung," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA