Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Diminta Jiplak SBY, Demokrat: Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPK dan Ketua MK Diisi Non Partisan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 04 Agustus 2019, 10:30 WIB
Jokowi Diminta Jiplak SBY, Demokrat: Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPK dan Ketua MK Diisi Non Partisan
Presiden Jokowi bersama SBY di Istana Negara/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo seharusnya bisa belajar dari kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam menyusun kabinet periode kedua, terutama untuk posisi Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPK dan Ketua MK.

Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar mengklaim dalam kepemimpinan SBY selama 10 tahun, ada beberapa pos dalam kabinet yang dijabat oleh orang-orang profesional atau non partisan.

"Khusus setidaknya untuk Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPK dan Ketua MK, dipilih pejabat karir atau profesional yang non partisan," ujar Renanda kepada Kantor Berita RMOL, Minggu (4/8).

Renanda menyebut lembaga tersebut sangat vital perannya karena berkaitan dengan penegakan hukum di sebuah negara. Sehingga, orang profesional yang mengisi jabatan itu diharapkan bisa menghindari bias kepentingan.

Soal bagi-bagi jatah kursi bersama koalisi pendukungnya, kata Renanda, Presiden Jokowi bisa memberikan pos kementerian lainnya.

"Kader partai yang profesional dapat mengisi posisi atau jabatan birokrat lainnya seperti kementerian atau badan," tukasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA