Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tradisi Emas Kalemdiklat Polri Jadi Wakapolri Bisa Berulang

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-5'>MEGA SIMARMATA</a>
OLEH: MEGA SIMARMATA
  • Rabu, 07 Agustus 2019, 13:07 WIB
Tradisi Emas Kalemdiklat Polri Jadi Wakapolri Bisa Berulang
Komjen Pol. Arief Sulistyanto/Net
rmol news logo Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan punya kedekatan batin tersendiri dengan Lembaga Pendidikan Dan Latihan (Lemdiklat) Polri.

Dulu, selepas bertugas sebagai Ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri, BG sempat bertugas sebagai Karobinkar Polri dari tahun 2004 sampai 2006.

Setelah itu, dia mendapat penugasan baru sebagai Kepala Selapa Lemdiklat Polri dari tahun 2006 sampai 2008.

Tahun 2012, ia kembali ditugaskan ke Lemdiklat Polri sebagai pimpinan di sana.

Selama 3 tahun BG menjadi Kalemdiklat Polri.

Banyak terobosan yang dilakukan BG di jajaran Lemdiklat, baik saat dia menjadi Kepala Selapa Polri, ataupun saat menjadi Kalemdiklat Polri.

Di era Budi Gunawan misal, Lemdiklat Polri mengalami banyak perubahan dan kemajuan.

Selama 5 tahun BG pernah berkantor di sana. Dua tahun sebagai Kepala Selapa dan tiga tahun sebagai Kalemdiklat Polri.

BG sangat senang dan begitu bangga bisa bertugas di bagian pendidikan Polri.

Maka tidak heran, dia mencatat begitu banyak prestasi saat bertugas sebagai Kepala Selapa Polri misalnya yaitu melalukan pembangunan Mako Selapa Polri, membangun Selapa Knowledge Center, membangun Graha Kualita, mendirikan fasilitas olah raga, cafe internet, apotik, perpustakaan modern dan book store, Gapura Selapa, Monumen R. Soekanto, Koperasi Selapa Mart, home schooling, rumah sakit, flat dan membangun Masjid Selapa.

Dan ketika BG menjadi Kalemdiklat Polri, dia pun melakukan begitu banyak terobosan yaitu merenovasi Mako Lemdikpol, menyusun grand design Lemdikpol tahun 2013-2025 dan masih banyak lagi.

Sejak awal Januari 2019, Lemdiklat Polri kini dipimpin oleh Komjen Pol. Arief Sulistyanto (lulusan Akpol 1987), yang sekaligus merupakan mantan Kabareskrim Polri.

Renovasi besar-besaran juga langsung dilakukan Arief pada gedung utama Lemdiklat.

Dimulai dari renovasi pada ruang kerja Wakil Kalemdiklat Polri yang dijabat oleh Irjen Pol. Boy Rafli Amar.

Baru setelah itu, renovasi pada ruang kerja Kalemdiklat Polri.

Sejarah mencatat bahwa tiga orang mantan Kalemdiklat Polri yang masa jabatannya berurutan di Lemdiklat Polri, semuanya mencapai puncak karier dalam organisasi Polri sebagai Wakapolri.

Mereka adalah Komjen Pol. Oegroseno, Komjen Pol. Budi Gunawan dan Komjen Pol. Syafruddin.

Sehingga, tradisi emas di mana jabatan Kalemdiklat Polri berlanjut pada jenjang yang lebih tinggi sebagai Wakapolri, mungkin saja akan terulang lagi dalam waktu dekat.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Arief Sulistyanto, berpeluang jadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto yang segera akan pensiun akhir tahun ini.

Bahkan lebih bari itu, Arief disebut-sebut berpeluang paling besar jadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian yang akan segera berakhir masa jabatannya.

Kabar yang beredar di kalangan media, Presiden Joko Widodo tengah mempertimbangkan sejumlah nama perwira tinggi Polri untuk menjadi Kapolri dan Wakapolri yang baru.

Diantaranya adalah Kalemdiklat Komjen Pol. Arief Sulistyanto, Irwasum Komjen Pol. Moechgiyarto (yang notabene juga merupakan mantan Kalemdiklat Polri), kemudian Kabaintelkam Komjen Pol. Agung Budi Maryoto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono. Inilah empat Perwira Tinggi Polri yang dijagokan sejumlah pihak menjadi Kapolri atau Wakapolri yang baru.

Kita tunggu saja kabar baik tentang suksesi kepemimpinan di Mabes Polri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA