Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Minta GBHN Kembali Diaktifkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 11 Agustus 2019, 08:42 WIB
PDIP Minta GBHN Kembali Diaktifkan
Ahmad Basarah usulkan GBHN kembali diaktifkan untuk menjadi pedoman pembangunan/RMOL
rmol news logo PDI Perjuangan usulkan untuk kembali diberlakukan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) sebagai pedoman pembangunan bangsa Indonesia yang berkesinambungan.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah. Namun, tentu saja GBHN yang dimaksudkan Basarah berbeda dangan yang pernah dipakai pada era Orde Baru. Karena saat itu presiden adalah mandataris yang dipilih oleh MPR RI.

"Pengertian mengusulkan kembali MPR untuk menetapkan GBHN itu tidak sama dengan menjadikan MPR sebagai lembaga yang memilih presiden dan menjadikan presiden sebagai mandataris MPR," ujar Basarah saat ditemui di Masjid Al Ihsan Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (11/8).

Basarah menyebut, selama ini peranan GBHN tergantikan oleh UU 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Nah, salah satu kekurangan UU tersebut yang harus disempurnakan kembali dengan GBHN, kata dia, adalah perencanaan untuk mengukur pembangunan pemerintahan dengan pedoman atau peta yang sama.

"Enggak seperti sekarang, ganti presiden ganti visi misi, ganti program. Ganti gubernur, bupati, wali kota, ganti visi misi, ganti program," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA