Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kelakuan Enggartiasto Bakal Jadi Catatan Sendiri Bagi Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 13 Agustus 2019, 20:49 WIB
Kelakuan Enggartiasto Bakal Jadi Catatan Sendiri Bagi Jokowi
Enggartiasto Lukita/Net
rmol news logo Meskipun sudah diperingatkan Presiden untuk tidak melakukan pergantian jabatan untuk posisi tertentu saat ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita tetap melantik pejabat baru di lingkungan kementeria yang ia pimpin. Hal ini seakan melawan instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

Selasa (6/8) lalu, Enggar melantik tujuh pejabat eselon I di kementeriannya. Salah satunya Oke Nurwan, yang menjadi sekretaris Jenderal setelah sebelumnya menjabat Direktur Perdagangan Luar Negeri.

"Menteri semestinya mengikuti perintah presiden. Undang-undang negara mengatakan menteri sebagai pembantu presiden harus mendengarkan instruksi presiden," kata pengamat politik sekaligus Direktur Hicon & Policy Strategies, Hifdzil Alim saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta, Selasa (13/8).

Hifdzil menjelaskan, yang dilakukan Enggar termasuk dalam istilah Cinderella Action. "Seorang pejabat yang menggeser bawahannya di akhir masa jabatannya, dapat dianggap untuk membayar dengan tanda kutip
utang dari pendukungnya selama ini sebelum habis masa jabatannya," tegasnya.

Menurutnya, kelakuan Enggar harus menjadi catatan khusus untuk Jokowi dalam menilai kinerja Enggar, bilamana menteri asal Nasdem itu mau diboyong ke periode kedua.

"Tentu ini jadi catatan penting Presiden. Apakah kedepan harus menganti Enggar atau tidak," pungkasnya.

Enggar sendiri sudah buka suara dan mengaku apa yang dilakukannya tidak salah, karena sudah mendapat izin dari Jokowi sejak bulan Juli lalu, sebelum larangan itu dikeluarkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA