Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Jangan Melulu Pakai Pendekatan Kekerasan Hadapi KKB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 14 Agustus 2019, 10:59 WIB
Pemerintah Jangan Melulu Pakai Pendekatan Kekerasan Hadapi KKB
Khairul Fahmi/Net
rmol news logo Kehadiran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak lepas dari tingkat kesejahteraan warga Papua yang masih rendah.

Atas alasan itu, pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi mengingatkan agar pemerintah tidak melulu menggunakan pendekatan kekerasan dalam menyelesaikan masalah KKB.

"Tapi juga harus dibarengi dengan upaya yang serius mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua,” ujarnya kepada Kantor Berita RMOL, Rabu (14/8).

Pemerintah memang selama ini telah mengklaim melakukan pembangunan yang masih di wilayah timur Indonesia. Tapi di satu sisi, sambung Khairul, masih ada kelompok-kelompok yang menyatakan bahwa masyarakat Papua masih tertinggal.

“Masih jauh dari sejahtera, mungkin dianaktirikan oleh pemerintah. Masih ada pandangan-pandangan seperti itu," sambungnya.

Berkaca kasus kematian Briptu Hedar yang disandera dan dibunuh KKB, Khairul mengingatkan agar pemerintah tidak menghilangkan aspek kemanusiaan dan kesejahteraan. Terpenting, warga Papua harus mendapat perlakuan sama dengan warga negara Indonesia di belahan pulau lainnya.

“Jadi perlakuan warga Papua ya selayaknya rakyat Indonesia yang lain," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA