Jokowi Ingatkan Kabinet Adalah Hak Prerogatif Presiden, Tidak Bisa Diintervensi

Rabu, 14 Agustus 2019, 20:56 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Joko Widodo/Net

Presiden Joko Widodo mengingatkan soal komposisi menteri adalah mutlak haknya sebagai Presiden untuk menentukan, hak istimewa tersebut ialah hak prerogatif seorang presiden.

Pernyataan Jokowi sekaligus menjawab mengapa komposisi orang partai politik hanya 45 persen dari total keseluruhan kursi menteri yang hanya 34.

"Kabinet itu adalah hak prerogatif presiden. Menteri itu adalah hak prerogatif presiden," kata Jokowi usai menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

Sekadar informasi, Jokowi menyatakan sudah mengantongi nama-nama yang akan menjadi menteri dalam pemerintahan periode kedua, atau pada periode 2019-2024.

Jokowi bahkan tak segan untuk mengumumkan nama-nama tersebut kepada publik sebelun pelantikan dirinya sebagai Presiden pada Oktober 2019 mendatang.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, 55 persen dari menteri di kabinetnya akan berisikan orang-orang nonparpol atau bisa dikatakan, mereka berasal dari kalangan profesional.
EDITOR: AZAIRUS ADLU

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019