Hadapi Agenda Besar, Golkar Butuh Leader Bertangan Dingin

Kamis, 15 Agustus 2019, 07:50 WIB
Laporan: Yelas Kaparino

Margarito Kamis/Net

Perkembangan politik di Partai Golkar sejauh ini menunjukkan bahwa Airlangga Hartarto masih diinginkan sebagai leader. Masifnya dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar di daerah membuktikan hal itu.

“Dinamika dukungan kader dan DPD cukup massif kepada Airlangga. Artinya, ia masih dibutuhkan mereka sebagai leader,"  kata Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis, kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (15/8).  

Margarito menilai, gaya kepemimpinan yang kalem tapi pasti membuat sosok Airlangga lebih diterima.  Airlangga cukup piawai dalam mengelola dinamika yang berkembang di partai beringin itu tanpa menimbulkan kegaduhan yang tak perlu.

Dia memimpin dengan all out untuk menyelamatkan beringin dari ancaman degradasi, saat citra Golkar terpuruk oleh perpecahan internal dan kasus hukum yang menjerat sejumlah elitnya. Hasil Pemilu 2019, Golkar bertahan di jajaran parpol papan atas.

"Keberhasilan itu memunculkan loyalitas kader atas kepemimpinan Airlangga," tukas Margarito.

Menurut Margarito, kepiawaian Airlangga mengelola dinamika internal Golkar terasah sejak dia menjadi pengusaha dan aktivis.  

"Dia mengerti kelebihan dan kekurangan Golkar karena menapaki karir politik mulai dari bawah." ujar Margarito.

Ditambahkan Margarito, ke depan ada banyak agenda-agenda besar yang harus dihadapi Partai Golkar. Agenda-agenda tersebut membutuhkan pemimpin bertangan dingin, seperti Airlangga.  

"Dan itu justru lebih penting," pungkas Margarito.

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019