Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Punya Power, Jokowi Lebih Leluasa Pilih Pembantunya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 15 Agustus 2019, 14:06 WIB
Sudah Punya Power, Jokowi Lebih Leluasa Pilih Pembantunya
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Periode kedua ini, Presiden Joko Widodo dinilai tidak akan menuruti permintaan partai politik pendukungnya untuk menempati posisi yang diinginkan. Jokowi diprediksi akan menentukan sendiri.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal ProDem, Satyo Purwanto. Satyo melihat pada periode kedua ini Jokowi dinilai telah memiliki kekuatan tersendiri menentukan siapa yang akan menjadi menteri kabinetnya.

"Gak bisa lagi partai-partai itu leluasa. Jokowi sudah lebih punya power untuk menentukan pos-pos, kendali hampir penuh ada di Jokowi untuk menentukan siapa yang duduk di kabinetnya," kata Sekertaris Jenderal ProDem, Satyo Purwanto kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (15/8).

Namun kata Satyo, Presiden Jokowi tetap akan menawarkan kursi menteri kepada para partai pendukungnya di Pilpres 2019.

"Cuma mungkin mereka (parpol pendukung) enggak punya keleluasaan lagi sesuai keinginannya seperti periode pertama," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah memastikan posisi Jaksa Agung pada periode kedua pemerintahannya tidak akan diisi oleh kader partai politik.

Hal itu sekaligus menjawab polemik soal posisi Jaksa Agung apakah akan diisi oleh profesional ataupun kader dari parpol.

"Pasti bukan dari parpol," ujar Jokowi saat pertemuan dengan pemimpin Redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA