Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bak Komika Andal, Inilah Punchline Jokowi Di Akhir Pidato Kenegaraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 13:20 WIB
Bak Komika Andal, Inilah Punchline Jokowi Di Akhir Pidato Kenegaraan
Jokowi resmi minta izin untuk pindahkan ibu kota/Net
rmol news logo Presiden RI Joko Widodo akhirnya menyatakan secara resmi rencana memindahkan Ibu Kota Negara. Jokowi meminta izin sekaligus dukungan dari seluruh anggota dewan dan masyarakat Indonesia terkait rencana besar ini.

Pernyataan Jokowi ini bak seorang Komika saat memberi punchline di akhir acara. Memberi sebuah "tonjokan" yang mampu memancing perhatian audiens.

"Saya mohon izin dan dukungan dari bapak ibu anggota dewan, termasuk juga seluruh masyarakat Indonesia. Dengan ini saya memohon izin untuk memindahkan Ibukota negara kita...ke Kalimantan," ucap Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Gedung MPR RI, Jumat (16/8).

Menurut Jokowi, ibu kota bukan hanya simbol identitas negara, tapi jadi representasi kemajuan bangsa. Selain itu, pemindahan ibu kota bakal ikut mendukung upaya pemerataan di sektor ekonomi yang selama puluhan tahun berpusat di Jakarta.

"Ini demi terwujudnya pemerataan ekonomi. Ini demi mewujudkan visi Indonesia maju," tegas Jokowi.

Pemisahan antara ibu kota negara dengan pusat perekonomian di sebuah negara bukan hal yang aneh. Karena hal itu sudah banyak dilakukan negara-negara di dunia.

Seperti China yang menjadikan Beijing sebagai ibu kota dan Shanghai sebagai pusat bisnis. Amerika Serikat juga menjadikan Washington sebagai ibu kota, namun pusat perekonomian ada di New York. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA