Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibukota Akan Dipindah Ke Kalimantan, Surya Paloh: Jokowi Sangat Berani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 14:15 WIB
Ibukota Akan Dipindah Ke Kalimantan, Surya Paloh: Jokowi Sangat Berani
Surya Paloh puji keberanian Jokowi umumkan kepindahan ibu kota ke Kalimantan/Net
rmol news logo Putusan Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibukota dari Jakarta ke salah satu wilayah di Pulau Kalimantan dinilai sebagai kebijakan yang berani oleh Partai Nasdem.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Itu suatu kebijakan yang penuh dengan keberanian di 74 tahun kita merdeka," ujar Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Walau bukan gagasan baru, kata Paloh, Presiden Jokowi dinilai cukup berani dengan mengumumkan keputusannya itu di forum Sidang Tahunan MPR RI. Pasalnya, hanya Presiden Soekarno yang pernah mewacanakan ibukota akan dipindah.

"Bung Karno pernah membawakan diskursus wacana pemindahan ibukota ke Kalimantan Tengah, tetapi tidak ada kelanjutannya. Kali ini Presiden Jokowi menyatakan dia siap," jelasnya.

Paloh mengakui bahwa tantangan nyata untuk memindahkan ibukota adalah soal biaya atau anggaran. Tetapi, sebelum menghitung biaya, pemerintah juga harus memastikan kondisi sosial masyarakat kota pilihan telah siap untuk menjadi warga ibukota yang baru.

"Bagaimana kita bisa meyakinkan masyarakat daerah baru siap menerima perubahan sebagai daerah ibukota yang baru," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA