Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

POLEMIK IBUKOTA NEGARA

PDIP: Dimana Di Kalimantan? Biar Presiden Yang Ngomong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 14:31 WIB
PDIP: Dimana Di Kalimantan? Biar Presiden Yang Ngomong
Adian Napitupulu/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo menggumumkan secara resmi pemindahan ibukota negara saat menyampaikan pidato kenegaraan, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

"Pada kesempatan yang bersejarah ini dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak/Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin memindahkan ibukota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi sapaan akrab kepala negara.

Jokowi melanjutkan, pemindahan ibukota negara bukan hanya identitas bangsa, tetapi juga merepresentasikan kemajuan bangsa.

"Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," pungkas politisi PDI Perjuangan itu.

Pernyataan Jokowi soal perpindahan ibukota negara ke Pulau Kalimantan dinilai belum memuaskan publik karena tidak disebutkan secara detail dimana letak lokasi pastinya.

Apalagi, dipilihnya Pulau Kalimantan sebagai ibukota negara seperti yang disampaikan Jokowi, bukan lah hal baru. Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro juga sudah pernah menyampaikan hal itu.

Ditemui di sela-sela rapat di Komplek Parlemen, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Adian Napitupulu, juga tidak mau memberikan bocoran dimana persisnya lokasi ibukota baru.

"Ya bagus dong (pemindahan) ibukota. Soal lokasinya biar Presiden sendiri saja yang ngomong," ujar Adian singkat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA