Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asumsi Ekonomi Makro 2020, Salah Satunya Nilai Tukar Rupiah Di Angka Rp 14.400 Per Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 16:31 WIB
Asumsi Ekonomi Makro 2020, Salah Satunya Nilai Tukar Rupiah Di Angka Rp 14.400 Per Dolar AS
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Pemerintah menargetkan empat asumsi ekonomi makro pada tahun 2020. Keempat asumsi itu menjadi dasar dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (RAPBN) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

"Pertama, pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat," ungkapnya.

Kedua, lanjut Jokowi, di tengah kondisi eksternal yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, nilai tukar Rupiah diperkirakan berada di kisaran Rp14.400 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi. Suku bunga SPN (surat Perbendaharaan negara) 3 bulan diperkirakan berada di tingkat 5,4 persen," tuturnya.

Ketiga, harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan ditargetkan sekitar 65 dolar AS perbarel.

"Dengan sensitivitas yang tinggi terhadap berbagai dinamika global, Pemerintah terus memantau pergerakan harga minyak dan komoditi global," sambungnya.

Sementara yang keempat, optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, termasuk minyak dan gas bumi, target lifting minyak dan gas bumi di tahun 2020 diasumsikan masing-masing sebesar 734 ribu barel dan 1,19 juta barel setara minyak per hari.

Sebelumnya, defisit anggaran tahun 2020 direncanakan sebesar 1,76 persen dari PDB, atau sebesar Rp307,2 triliun. Dengan Pendapatan Negara dan Hibah sebesar Rp2.221,5 triliun, serta Belanja Negara sebesar Rp2.528,8 triliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA