Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemindahan Ibukota Baru, Menhub Pastikan Prioritaskan Bangun Bandara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 16 Agustus 2019, 21:25 WIB
Pemindahan Ibukota Baru, Menhub Pastikan Prioritaskan Bangun Bandara
Menhub Budi Karya Sumadi/RMOL
rmol news logo Infrastruktur perhubungan udara atau bandara menjadi prioritas dalam pembangunan ibukota baru yang direncanakan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai Konferensi Pers RAPBN 2020 yang dipimpin Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Ruang Auditorium Cakti Buddhi Bhakti Lantai II, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

"Biasanya infrastruktur perhubungan ini menjadi suatu pelengkap, tetapi juga menentukan. Di beberapa kota Kalimantan pada dasarnya infrastruktur yang paling penting itu adalah udara," ungkapnya.

Di beberapa kawasan seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, seluruhnya sudah memenuhi klasifikasi bandara, dengan panjang runway paling tidak 2.500 meter.

"Jadi di tempat mana pun dimungkinkan untuk yang dasar. Baru nanti kita tingkatkan akan menjadi 3.000 meter, akan membesarkan terminal. Itu tidak terlalu sulit," lanjutnya.

Setelah pembangunan bandara, tambah Budi, selanjutnya adalah pembangunan pelabuhan.

"Yang paling penting adalah bandara, baru nanti pelabuhan. Nah kalau pelabuhan, timur selatan, barat itu sudah siap. Ya kalau di tengah, memang agak jauh dari laut," paparnya.

Menhub juga memastikan, akan membangun Mass Rapid Transportation (MRT) di lokasi wilayah ibukota baru, untuk menunjang transportasi massal ke depan.

"Masa depannya sama, musti MRT. Karena angkutan massal adalah suatu yang menjadi keniscayaan apabila itu menjadi kota, apalagi kota besar. Planning-nya pasti ada MRT, tapi itu bertahap," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA