Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Makna Mendalam Di Balik Pantun "Rajut Merah Putih" Zulhas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Sabtu, 17 Agustus 2019, 00:39 WIB
Ada Makna Mendalam Di Balik Pantun "Rajut Merah Putih" Zulhas
Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Pantun yang diucapkan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan saat menutup Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo memiliki makna yang mendalam.

Penggagas Masyarakat Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti bahkan mengaku kaget dengan pantun ketua umum PAN itu. Meski terkesan guyon, kata Ray, ada makna mendalam yang ingin disampaikan Zulhas, sapaan akrab Zulkifli.

Pertama, pantun itu menjadi pertanda bahwa ketegangan politik selama Pilpres 2019 terlah berakhir. Kedua, pengakuan bahwa Joko Widodo merupakan presiden terpilih dan akan memimpin untuk lima tahun mendatang.

"Maknanya cukup dalam menurut saya, yaitu pengakuan terhadap Pak Jokowi sebagai presiden terpilih untuk yang kedua kali, lima tahun yang akan datang," tegasnya di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Jumat (16/8).

Selain itu, oantun tersebut juga menjadi bukti bahwa Zulkifli Hasan merupakan sosok yang konsisten dalam menjalin hubungan baik bagi bangsa Indonesia.

"Nah saya kira itu memang agak khas dari Pak Zul ya, karena kita tahu juga dahulu 2014 Pak Zul ini adalah salah satu orang yang begitu konsen untuk menjalin kembali rajutan kebangsaan," jelasnya.

Ray kemudian mengingat momentum pasca Pilpres 2014 lalu. Kala itu, Zulhas sebagai ketua MPR merupakan berhasil membujuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk hadir dalam pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Dan situasi yang sama hampir terjadi, yaitu pengakuan tentang keterpilihan Pak Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua melalui sidang MPR menjelang 17 Agustus besok," paparnya.

Saat membacakan pidato penutup Sidang Tahunan MPR RI, Zulhas sempat menyampaikan pantun yang penuh makna.

"Buka hati dengan tulus dan bersih, sambut saudara sehangat mentari, mari rajut kembali Merah Putih, kita dukung Pak Jokowi dan Pak Maruf Amin memimpin negeri," bunyi pantun yang dibacakan Zulhas.

Pantun tersebut mendapat apresiasi berupa tepuk tangan dari peserta Sidang Tahunan MPR RI yang merupakan anggota DPR dan DPD RI.

Pantun itu menjadi menarik mengingat posisi Zulkifli yang berseberangan dengan Jokowi pada pilpres lalu. PAN menjadi pendukung Prabowo-Sandi yang kalah dari pasangan petahana. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA