Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra Sepakat Pimpinan MPR RI Ditambah Jadi 10 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 17 Agustus 2019, 15:26 WIB
Gerindra Sepakat Pimpinan MPR RI Ditambah Jadi 10 Orang
Waketum Gerindra Edhy Prabowo/RMOL
rmol news logo Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyetujui wacana penambahan jumlah pimpinan MPR RI menjadi sepuluh orang yang terdiri dari wakil sembilan partai politik di DPR RI dan seorang wakil DPD RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dukungan Prabowo itu disampaikan Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di DPP Gerindra, Jalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8)

“Kalau Pak Prabowo malah secara prinsip sangat mendukung bahwa ini kan lembaga permusyawaratan. Kalau enggak salah pernah kan pimpinannya berasal dari semua fraksi. Jadi saya pikir normal, ini yang dalam pandangan beliau. Karena mewakili semua kepentingan, ada sembilan fraksi di DPR RI dan seorang dari DPD RI, berarti kan sepuluh. Ya tinggal saja dibahas aturan mainnya,” ujar Edhy di lokasi, Sabtu (17/8).

Menurutnya, wacana penambahan pimpinan MPR RI dapat mewakili seluruh fraksi dan wilayahnya masing-masing dalam membuat kebijakan.

“Karena kan negeri kita luas. Anggota DPR dan DPD itu jumlahnya sekarang 575 ditambah 134. Jumlah ini menurut saya juga sangat kecil dibanding luas wilayah kita. Jadi kalau ada keterwakilan masing-masing elemen, saya pikir itu juga bagus,” jelasnya.

Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai sepuluh pimpinan MPR RI kepada seluruh ketua umum partai politik yang ada di parlemen.

“Ini pandangan dari Pak Prabowo tentang MPR RI yang disampaikan ke partai. Tapi secara prinsip, yang memutuskan adalah floor. Artinya, DPD RI apakah setuju? Fraksi-fraksi yang lain apakah setuju? Itu kan tergantung,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA