Bekasi Masuk Jakarta, JJ Rizal: Teruskan Hingga Ke Puncak

Rabu, 21 Agustus 2019, 09:55 WIB
Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

JJ Rizal menilai wacana Bekasi masuk Jakarta harus dijadikan momentum untuk menata kota-kota di sekitarnya/Net

Wacana masuknya Kota Bekasi ke dalam wilayah DKI Jakarta bisa dijadikan momentum untuk menata kembali kota-kota di sekitarnya. Bahkan kalau perlu penataan ini dilakukan sampai ke Puncak dan Cianjur.

"Ada kesempatan membuat master plan besar yang meliputi Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Bopunjur (Bogor, Puncak, Cianjur.  Makanya harus lebih besar lagi. Jadi jangan hanya Bekasi. Teruskan sampai Puncak, Cianjur," sebut Sejarawan Betawi, JJ Rizal saat dihubungi, Rabu (21/8).

Kendati begitu, bukan hanya memfokuskan kota-kota metropolitan lainnya. Wacana ini, lanjut Rizal sudah pernah tercuat oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

"Harus diluaskan, wacananya harus diluaskan. Dihidupkan kembali konsep metropolitan yang dibayangkan bung Karno, yang namanya 'The Greater Jakarta'," sambung Rizal.

Itu sebabnya, melalui wacana ini, Jakarta sebagai ibukota harus dapat memberikan contoh pemerataan pembangunan atau tata kota yang tepat sasaran. Sehingga Jakarta memang pantas menyandang predikat kota metropolitan.

Apalagi kota-kota di Indonesia saat ini tidak ada yang bisa menyandang kota metropolitan.

"Kalau kita masuk Kota Bekasi, apakah bisa tampak sebagai sebuah metropolitan? Kan enggak. Antara suburban dan urban kayak ada jurang. Seperti di Depok, Tangerang. Itu terjadi karena ketidakadilan APBD menurut saya," tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Selamat Hari Museum

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

Kolone Tongkat oleh Peserta Pramuka Terbanyak

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Sabtu, 19 Oktober 2019