Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perluasan Kewenangan Kunci Agar Peran DPD Terlihat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Agustus 2019, 05:23 WIB
Perluasan Kewenangan Kunci Agar Peran DPD Terlihat
Lambang DPD RI/Net
rmol news logo Peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sebagai representasi daerah masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia.

Anggota DPD RI, Asep Hidayat mengakui bahwa peran lembaganya memang masih belum signifikan dalam hal legislasi. Hal itu lantaran kewenangan yang dimiliki DPD memang masih terbatas dan belum ideal.

Senator asal Jawa Barat itu menegaskan bahwa peran DPD yang minim bukan terjadi karena anggota yang lemah. Sebab banyak anggota senator berasal dari kalangan profesional dan birokrat handal   

“Saya yakin itu bukan karena kurangnya SDM, karena terbukti dari periode ke periode DPD banyak diisi dari orang-orang akademisi, mantan pejabat daerah, mantan DPR RI, dan lain-lain, " ujarnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (21/8).

Penguatan kewenangan dan fungsi DPD merupakan tantangan para senator. Selangkah demi selangkah upaya penguatan itu terus dilakukan agar peran DPD semakin dirasakan rakyat Indonesia.

“Tentunya sebuah keharusan bahwa secara konstitusi, DPD itu diperluas kewenangannya,” tegas Asep.

“Tapi, walaupun ada keterbatasan kewenangan, senator harus tetap memainkan peran strategis DPD," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA