Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekonomi Dipatok Tumbuh 5,3 Persen, PAN Ungkit Realisasi 2015 Hingga 2018

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 04:14 WIB
Ekonomi Dipatok Tumbuh 5,3 Persen, PAN Ungkit Realisasi 2015 Hingga 2018
Ilustrasi/Net
rmol news logo Target pertumbuhan ekonomi 2020 yang ditargetkan pemerintah menyita perhatian Fraksi PAN. Menurut partai pimpinan Zulkifli Hasan itu, target tersebut terlalu muluk-muluk.

Anggota Fraksi PAN, Abdul Hakam Maja yang membacakan pandangan fraksi saat Sidang Paripurna menyebut bahwa angka tersebut merupakan level yang cukup tinggi untuk dicapai.  

“Fraksi PAN mencermati bahwa target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen merupakan level yang cukup menantang untuk dicapai,” ujarnya di Gedung Nusantara II, Senayan, Kamis (22/8).

Guna mencapai target tersebut, pemerintah harus memiliki komtimen yang kuat dan bekerja lebih keras. Hakam lantas mengingatkan realisasi pertumbuhan ekonomi periode 2015 hingga 2018 yang tidak pernah mencapai target.

“Tahun 2018 yang hanya sebesar 5,17 persen, padahal dalam APBN 2018 ditargetkan 5,4 persen,” ujarnya.

Dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi, kata Hakam, pemerintah perlu menstimulasi pertumbuhan konsumsi ekonomi rumah tangga yang cenderung stagnan di level 5 persen. Kemudian mengangkat pertumbuhan investasi yang lebih tinggi lagi.

Sebab, pada tahun 2018 investasi yang tercermin dari pembentukan modal tetap bruto hanya tumbuh 6,5 persen.

“Padahal inevstasi sebagaimana motor penggerak ekonomi riil harusnya tumbuh double digit agar pertumbuhan ekonomi bisa lebih optimal,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA