Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jawab Kekhawatiran Ahok Dulu, Pemindahan Ibukota Harus Dipikirkan Matang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 23 Agustus 2019, 20:47 WIB
Jawab Kekhawatiran Ahok Dulu, Pemindahan Ibukota Harus Dipikirkan Matang
Jakarta macet/Net
rmol news logo Video pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal pemindahan Ibukota kembali mencuat ke publik. Dalam video berisi pernyataan 2013 silam, Ahok tak setuju pemindahan Ibukota karena akan menelan biaya yang tak sedikit.

Senada dengan Ahok, pengamat politik dari LIPI, Siti Zuhro menyampaikan bahwa pemerintah harus membahas pemindahan secara serius dari segala aspek agar tak dinilai mubazir.

“Pemindahan Ibukota bisa dibahas secara serius, seperti apa formulanya dan bagaimana dampaknya secara sosial-budaya, ekonomi, geopolitik, dan wilayah (kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah),” ucap Siti Zuhro kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (23/8).

Pihaknya menginginkan pemindahan Ibukota ke Pulau Kalimantan harus memberikan efek positif bagi warga, baik warga Kalimantan maupun Indonesia secara umum.

“Apakah prospeknya memberi kemanfaatan bagi ke-Indonesiaan dan kedaerahan atau sebaliknya? Bila setelah dipertimbangkan dengan seksama dampaknya sangat positif,” katanya.

Di sisi lain, ia meminta agar pemerintah pusat melibatkan DPR RI dalam membahas pemindahan Ibukota ini agar tidak menimbulkan efek domino.

“Hasilnya bisa dikonsultasikan dengan publik. Ini penting agar pilihan pindah Ibukota tidak menimbulkan blunder,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA