Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IBUKOTA PINDAH

Kemendagri: Kalimantan Timur Belum Final, Tunggu Keputusan Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 24 Agustus 2019, 11:44 WIB
Kemendagri: Kalimantan Timur Belum Final, Tunggu Keputusan Presiden
Diskusi "Gundah Ibukota Dipindah"/RMOL
rmol news logo Rencana pemindahan ibukota negara dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan bukan isapan jempol belaka. Namun, wacana lawas ini terus dimatangkan dengan kajian-kajian mendalam.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saat ini masih dalam kajian kami, masih tunggu Pak Presiden. Bappenas juga masih melakukan kajian, sehingga jadi bahan untuk Pak Presiden," kata Plt Ditjen Otda Kemendagri, Akmal Malik dalam diskusi bertajuk 'Gundah Ibukota Dipindah' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8).

Akmal mengatakan, penentuan lokasi ibukota baru masih belum fiks di Kalimantan Timur sebagaimana diungkapkan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil beberapa waktu lalu. Menurut Akmal, Kemendagri masih harus menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

"Saat ini masih dalam kajian, kemaren masih dalam Menteri ATR itu alternatif, fix kami masih tunggu Pak Presiden," ujar Akmal.

Lebih lanjut, Akmal menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan kementerian dan lembaga terkait untuk melaporkan hasil kajiannya ke Presiden. Selanjutnya, akan dijadikan bahan pertimbangan oleh Presiden.

"Sesuai dengan hasil Ratas (rapat terbatas), Presiden mengatakan kepada seluruh kementerian yang terlibat untuk bikin telaah terkait pemindahan ibukota negara. Sampai hari ini kita masih menunggu kajian dari PUPR dan Bappenas," demikian Akmal.

Hadir juga sebagai pembicara dalam diksusi ini, Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), Robert Endi Jaweng; pakar hukum tata negara, Muhammad Rullyandi; Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fery Juliantono; sejarawan LIPI, Asvi Warman Adam, dan Founder Bhinneka Institute, Arya Mahendra Sinulingga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA