Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Parpol Mikir Tabungan Politik, Kabinet Jokowi Masih Bisa Berubah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 25 Agustus 2019, 23:28 WIB
Parpol Mikir Tabungan Politik, Kabinet Jokowi Masih Bisa Berubah
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo pekan lalu mengatakan sudah selesai menyusun kabinet untuk periode keduanya. Kabinet kedepan, kata Jokowi terdiri dari 45 persen berasal dari kader partai politik, sedangkan 55 persen berasal dari profesional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat mengatakan, klaim postur kabinet yang selesai masih sangat cair dan bisa berubah hingga detik-detik terakhir.  Secara khusus yang cepat berubah, kata Cecep, adalah delegasi menteri yang berasal dari partai politik.

"Khususnya kader partai akan cepat berubah, tergantung dinamika internal masing-masing partai. Sejauh ini masih ada manuver ketum partai, PDIP, PKB dan partai lainnya, itu untuk mencari perhatian Jokowi," tandas Cecep kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (25/8).

Lebih lanjut, upaya partai politik dengan manuver di hadapan Jokowi itu berpotensi mengubah struktur kabinet. Apalagi parpol pasti berpikir kader yang akan disodorkan menjadi menteri disiapkan untuk kontestasi di tahun 2024 mendatang.

"Partai akan cari kader menonjol untuk diproyeksikan di tahun 2024. Kader-kader terbaik itu akan jadi tabungan politik yang menentukan partai kedepan," tambah Cecep.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA