Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IPW Ingatkan Oknum KPK And The Gank Tak Tebar Fitnah Terhadap Capim KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 26 Agustus 2019, 08:51 WIB
IPW Ingatkan Oknum KPK <i>And The Gank</i> Tak Tebar Fitnah Terhadap Capim KPK
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane/Net
rmol news logo Narasi yang dibangun oleh oknum internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Koalisi Kawal Capim KPK seolah dari 20 orang Calon Pimpinan (Capim) KPK terdapat orang-orang bermasalah dianggap hanya fitnah jika tidak berdasarkan bukti-bukti.

Begitu yang disampaikan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane kepada wartawan, Senin (26/8).

“Jika mereka memang punya data konkret tentang keberengsekan Capim KPK, buka saja ke publik. Jangan terus menebar fitnah,” tegas Neta.

Dengan berpolemik, hal tersebut justru hanya membuat gaduh dan menciptakan perang segitiga antara KPK-Pansel dan Capim. IPW, kata Neta, mendukung penuh jika oknum KPK and the gank membuka siapa Capim menerima gratifikasi, menghambat kinerja KPK, dan melakukan pelanggaran etik saat bekerja di KPK.

“IPW berharap mereka menyebutkan secara jelas kapan sidang etik itu berlangsung dan apa isi keputusannya. Sebab dari penelusuran IPW, pelanggaran etik yang dituduhkan itu hanya 'katanya' yang tanpa dasar,” ujar Neta.

Neta menegaskan jika tuduhan tersebut didasari bukti yang kuat tentunya Capim yang dianggap bermasalah bisa didorong untuk diproses hukum ke pengadilan. Mantan wartawan ini justru curiga jika tuduhan-tuduhan yang selama ini dibangun hanya untuk mengamankan kepentingan kelompok tertentu saja.

“Makanya bermanuver menyebar fitnah dan melakukan kriminalisasi lewat opini publik,” jelas Neta.

Sebelumnya, Koalisi Kawal Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) menyebut masih ada calon di antara 20 nama yang lolos seleksi Pansel KPK tidak patuh dalam menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Selain itu, 20 calon yang dinyatakan lolos pada tahapan uji profile assessment terdapat orang-orang yang bermasalah dan dinilai bakal menggambarkan masa depan yang tidak cerah bagi KPK ke depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA