Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fadli Zon: Pindah Ibukota Bukan Sekadar Properti, Tapi Memori Sejarah Ada Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 28 Agustus 2019, 12:34 WIB
Fadli Zon: Pindah Ibukota Bukan Sekadar Properti, Tapi Memori Sejarah Ada Di Jakarta
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon/RMOL
rmol news logo Presiden Joko Widodo diminta tidak tergesa-gesa untuk merealisasikan rencana pemindahan Ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ini bukan persoalan memindahkan rumah, memindahkan satu dua properti," ujar Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8).

Bagi Fadli, pindah Ibukota dari Jakarta bukan sekadar mencari suasana baru, melainkan harus melalui kajian dari berbagai aspek.

Salah satunya, kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, pemerintah harus melihat aspek sejarah dimana sebagian besar sejarah Indonesia ada dan tumbuh di Jakarta.

"Hari lahirnya Pancasila, hari proklamasi, tempat proklamasi, Undang-Undang Dasar 45. Ini hampir sebagian besar memori kolektif yang menyatukan bangsa ini ada di Jakarta," jelasnya.

Fadli menilai pernyataan Presiden Jokowi bahwa pindah Ibukota harus selesai di tahun 2023 tidak lebih dari ambisi pribadi yang ingin membuat suatu hal yang fenomenal.

"Mungkin berharap ini menjadi legacy di masa pemerintahannya. Jadi ada yang ditinggalkan, ada yang dikenang," tukasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA