Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei LIPI: Pemilu Serentak 2019 Masih Jauh Panggang Dari Api!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 28 Agustus 2019, 23:30 WIB
Survei LIPI: Pemilu Serentak 2019 Masih Jauh Panggang Dari Api!
Peneliti LIPI saat rilis hasil survei Pemilu 2019/RMOL
rmol news logo Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 dinilai tidak sesuai dengan dua tujuan dasar pelaksanaan yang tercantum pada Undang-Undang 7/2017 tentang Pemilihan Umum.

Ketua Tim Survei Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wawan Ichwanuddin mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan P2P LIPI memnemukan bahwa dua tujuan pelaksanaan pemilu serentak itu belum tercapai pada Pemilu 2019 kemarin .

Survei yang dilibatkan dalam survei publik sebanyak 1.500 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan sejak 27 April hingga 5 Mei 2019. Sedangkan survei tokoh yang dilibatkan sebanyak 119 orang yang melibatkan dari kalangan akademisi, politisi, jurnalis, pengusaha, tokoh agama, budayawan, pemuda dan aktivis.

"Hasil survei memperlihatkan bahwa pelaksanaan pemilu serentak 2019 masih jauh panggang dari api atau belum sesuai dengan maksud yang diharapkan dua tujuan dasar pelaksanaan pemilu serentak sebagaimana yang tercantum dalam naskah akademik UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum tidak dapat terpenuhi salam pemilu serentak 2019," ucapan Wawan Ichwanuddin di Gedung Widya Graha, LIPI, Jakarta, Rabu (28/8).

Tujuan dari pelaksanaan pemilu serentak sesuai UU 7/2017 ialah, pemilu serentak tercipta kestabilan pemerintah yang dihasilkan dari keselarasan pilpres dan pileg.

"Akibat efek ekor jas (coattail effect) tidak tercapai karena responden yang mengaku memilih caleg atau partai yang mendukung kandidat presiden-wakil presiden pilihannya terlampau rendah yakni sebesar 16,9 persen," jelasnya.

Tujuan kedua ialah memberikan ruang kepada pemilih agar lebih cerdas dalam memilih saat Pemilu serentak.

"Sebesar 74 persen dari responden survei publik dan 86 persen responden survei tokoh setuju bahwa pemilu serentak 2019 telah menyulitkan pemilih," paparnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA