Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politisi Yang Menangkan Jokowi Di Papua Kemana?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 30 Agustus 2019, 20:35 WIB
Politisi Yang Menangkan Jokowi Di Papua Kemana?
Joko Widodo saat Pilpres 2019/Net
rmol news logo Kontribusi politisi yang turut andil memenangkan Presiden Joko Widodo di wilayah Papua dinilai memiliki tanggung jawab besar untuk ikut serta meredam situasi di wilayah tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Mereka punya tanggungjawab moral, kenapa? Mandat warga Papua ke Pak Jokowi bukan sekadar Pilpres yang memilih sosok kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. Parpol juga bagian dari negara yang namanya Republik Indonesia," ucap pengamat politik Nyarwi Ahmad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/8).

Menurutnya, peran politisi yang ada di wilayah Papua sangat dibutuhkan untuk berpartisipasi meredam isu di Papua yang selama ini terjadi.

"Artinya elite politik Papua, khususnya yang kemarin mendukung Pak Jokowi atau menjadi bagian dari pemerintahannya Pak Jokowi punya tanggungjawab moral dan mestinya mereka bisa berperan aktif menunjukkan kontribusinya," tegasnya.

"Bukan hanya menjalankan pemerintahan atau mengawal pembangunan di Papua, tapi juga memperkuat konstruksi kebangsaan Papua sebagai bagian dari Indonesia," jelas Nyarwi.

Bahkan, pendekatan secara kultural sangat diperlukan untuk mencairkan suasana di Papua.

"Peran-peran mereka sangat penting di situ dan sangat diperlukan. Karena pendekatan kultural yang mereka lakukan bisa menjadi kunci untuk mencairkan suasana," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA