Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

20 Profesor Desak Jokowi Tak Loloskan Capim KPK Bermasalah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 02 September 2019, 10:37 WIB
20 Profesor Desak Jokowi Tak Loloskan Capim KPK Bermasalah
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak untuk memilih calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) yang berintegritas dan tidak bermasalah.

Desakkan itu termaktub dalam surat terbuka dari sebanyak 20 orang guru besar/profesor yang tergabung dalam 'Gurubesar Antikorupsi' dari berbagai universitas ternama di Indonesia.

Diketahui, hari ini Senin (2/9) Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK (Capim KPK) akan menyerahkan 10 nama kepada Jokowi. Selanjutnya, diteruskan ke Komisi III DPR RI untuk dilakukan fit and propertest (uji kepatutan dan kelayakan).

"Agar Presiden dapat selektif memilih calon pimpinan KPK yang berintegritas dan memiliki rekam jejak yang bersih," kata perwakilan Guru Besar Antikorupsi, Profesor Hibnu Nugroho.

Berdasarkan pantauan Gurubesar Antikorupsi selama ini, masih ditemukan sejumlah catatan serius dalam proses seleksi Capim KPK Jilid V kali ini. Mereka menyoroti soal komposisi dan kinerja Pansel, termasuk para calon yang mendaftar.

"Untuk itu 20 Gurubesar dari berbagai Universitas di Indonesia hari ini akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo," demikian Profesor Hibnu.

Rencananya, surat ini akan dikirimkan ke Istana Negara pada pukul 13.00 WIB.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA