Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Garap BPJS Dan BUMN, Luhut Terbukti Menteri Super Yang Urusi Banyak Hal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 05 September 2019, 13:27 WIB
Garap BPJS Dan BUMN, Luhut Terbukti Menteri Super Yang Urusi Banyak Hal
Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dianggap sebagai menteri super yang mengurusi banyak hal di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pengamat politik Dian Permata mengatakan, Luhut menteri super yang bisa mengurusi banyak bidang di kementerian lain.

"Pak Luhut ini menteri super, kalau dari percakapan kebijakan yang disampaikan dia kan banyak mengurusi banyak hal, bagi saya ini menteri super, bisa mengurusi," ucap Dian kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (5/9).

Hal itu bisa terlihat ketika Luhut mengurusi BPJS Kesehatan. Perusahaan asuransi asal China, Ping An menawarkan bantuan ke BPJS Kesehatan yang menghadapi defisit keuangan.

"Presiden minta kalau BPJS mungkin perlu lakukan perbaikan sistem mereka. Jadi kemarin itu, Ping An tawarkan, mungkin mereka bantu evaluasi sistem IT-nya," kata Luhut, Jumat lalu (23/8).

Oleh Dian, yang dikhawatirkan dari tawaran itu bukan manajemen pengelolaannya, tapi data akan berpindah tangan ke negara lain.

"Ini kan yang publik takuti," kata Dian.

Bahkan kemarin, Luhut juga berperan seolah-olah sebagai Menteri BUMN yang mengurusi pergantian beberapa direksi bank. Jelas Luhut, pergantian direksi
BUMN sudah izin Presiden.

"Saya enggak tahu, pasti kan ada agrasi (hubungan) Pak Jokowi dengan Pak Luhut yang saya kira kita juga enggak paham," tutup Dian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA