Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Romo Magnis: Yang Berharap Papua Merdeka Itu Jalan Buntu, Papua Akan Selalu Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Sabtu, 07 September 2019, 18:20 WIB
Romo Magnis: Yang Berharap Papua Merdeka Itu Jalan Buntu, Papua Akan Selalu Indonesia
Romo Magnis/RMOL
rmol news logo Harapan beberapa pihak yang ingin Papua merdeka dengan cara referendum dianggap hanyalah sebuah jalan buntu dan tidak akan pernah terjadi.

Begitu yang disampaikan Guru Besar Filsafat STF Driyarkara, Romo Franz Magnis Suseno. Menurutnya, Papua tidaklah sama dengan Timor Timor yang dengan seenaknya meminta merdeka dari Indonesia.

"Saya berpendapat bahwa meminta referendum, mengharapkan Papua merdeka itu jalan buntu. Saya mau jelaskan Papua itu tidak sama dengan Timor-Timor. Kita semua tahu sebenarnya kita tidak punya urusan, kemudian keluar Timor-Timor," ucap Romo Franz Magnis Suseno di acara Diskusi pubkik yang diselenggarakan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dengan tema Mencari Alternatif Bagi Penyelesaian Konflik dan Ketidakadilan di Kantor DPP PMKRI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9).

Bahkan kata Romo, dunia Internasional tidak akan mendukung jika Papua ingin merdeka. Romo Magnis juga menekankan, Indonesia tidak akan pernah melepas Papua sebagai bagian dari NKRI.

"Ada suatu hukum yang tak tertulis Internasioanal yang menyatakan batas-batas negara yang ditarik waktu kolonial tidak boleh dirubah, tidak hanya Papua dan Papua Nugini, di Afrika dibanyak negara batas negara ditarik. Mengapa tidak boleh dirubah? karena batas ini berkaitan dengan budaya, suku, etnik begitu itu dirubah, semuanya menjadi kacau total," jelas Romo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA