PAN Yakin Ada Cara Atasi BPJS Tanpa Bebani Rakyat

Minggu, 08 September 2019, 09:33 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Yandri Susanto/Net

Partai Amanat Nasional (PAN) tetap pada pendirian bahwa solusi menangani defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bukan dengan menaikkan iuran.

"Kami tetap berkeyakinan (iuran) tidak perlu naik," tegas Ketua DPP PAN, Yandri Susanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (8/9).

Yandri menyebut kondisi ekonomi masyarakat sedang tidak baik. Sehingga, jika iuran BPJS Kesehatan benar dinaikkan di akhir tahun atau awal tahun depan, maka akan menjadi beban masyarakat.

"Alasan apapun belum layak mau Januari, mau akhir tahun ya kondisi ekonomi kita lagi sulit, kami meyakini pemerintah masih ada celah untuk mengatasi masalah internal BPJS," jelasnya.

Dari pada berpikir bagaimana cara menaikkan iuran BPJS, Yandri menyebut sebaiknya pemerintah mencari celah anggaran lebih yang bisa dialihkan untuk BPJS yang merugi hingga Rp 28,5 triliun.

"Pemerintah kalau ada uang untuk dana talangan, ditalangi dulu, ini kan menyangkut hajat orang banyak menyangkut rakyat Indonesia yang butuh pelayanan kesehatan," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020