Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saut Situmorang Bantah Ada Transaksi Saat Traktir Makan Desmond

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 09 September 2019, 17:21 WIB
Saut Situmorang Bantah Ada Transaksi Saat Traktir Makan Desmond
Saut Situmorang/Net
rmol news logo Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membantah pernah melakukan lobi dan menjanjikan sesuatu kepada Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa saat ikut fit and proper tes capim KPK tahun 2015 lalu.

Bahkan Saut berani sumpah mati untuk membuktikan bantahannya itu.

"Saya sama Om Desmon tidak transaksional atau janji-janji. Bahkan, setelah di KPK saya mati detik ini juga," tegas Saut saat dikonfirmasi, Senin (9/9).

Namun demikian, Saut mengakui bahwa dirinya pernah mengajak bertemu dengan Desmond. Tapi tidak ada unsur-unsur yang menjurus pidana dalam pertemuan tersebut.

“Nggak apa-apa agar jadi pembelajaran, "The Art of Negotiation”. Itu perlu dipelajari, yang nggak boleh itu kalau pidana. Kampanye selama nggak pakai transaksional itu baik, boleh, datanglah dengan konsep," jelas Saut.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan digelar untuk memperkenalkan diri. Sebab, saat mencalonkan diri, Saut mengakui dirinya bukan sosok yang terkenal sehingga harus berkampanye.

"Ini program ane Bro Desmond, pilihlah ane. Itu tidak dilarang UU KPK, itu namanya kampanye," sambungnya.

Lebih lanjut, Saut juga menegaskan bahwa dirinya saat menjadi komisioner KPK pun tidak pernah bertemu lagi dengan Desmond. Pertemuan hanya berlangsung dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi III DPR.

Desmond Mahesa menyebut bahwa Saut Situmorang pernah melakukan lobi-lobi pada dirinya saat maju sebagai Capim KPK periode 2015-2019. Saut, kata politisi Gerindra itu, bahkan mentraktirnya makan.

"Saut lobi saya. Saya diajak makan, saya dibayarin. Tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga enggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," kata Desmond. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA