Ibukota Dipindah, Fadli Zon Usul DPR Tetap Di Jakarta

Selasa, 10 September 2019, 18:36 WIB
Laporan: Raiza Andini

Fadli Zon/Net

Presiden Joko Widodo akan memindahkan ibukota negara ke dua daerah di Kalimantan Timur yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara.

Wakil DPR Fadli Zon memberikan usulan kepada Jokowi agar DPR dan MPR tidak dipindah juga ke pulau Kalimantan.

"Saya usulkan legislatif tetap di Jakarta jadi eksekutif saja yang ada di Kalimantan. Jadi legislatifnya tetap di sini, jadi menteri-menteri datang ke sini," kata Fadli di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Dia menjelaskan banyak gedung-gedung bekas kementerian yang bisa difungsikan untuk keperluan anggota legislatif di Jakarta jika nantinya seluruh kementerian dipindahkan ke Kalimantan Timur.

"Ada gedung Manggala Wana Bhakti itu bisa jadi bagian dari DPR, kantor Menpora bisa jadi bagian DPR, jadi enggak perlu bangun gedung baru lagi di sini," ucapnya.

Ide tersebut, lanjut politisi Gerindra ini, sempat dilakukan di Afrika Selatan yang memindahkan ibukota namun legislatifnya masih berada di pusat kota.

"Jadi legislatif tetap di Jakarta, usul saya eksekutif silahkan lah di mana gitu, kalau misalnya memang memaksakan diri dan memaksakan kehendak untuk pindah ibukota dalam situasi sekarang ini," ucapnya.

Mengenai menteri-menteri yang akan bolak balik ke Jakarta jika ada rapat paripurna, Fadli mengatakan tidak akan menjadi masalah justru para menteri senang balik ke Jakarta.

"Ya menterinya ke sini, pasti menterinya seneng, ke Jakarta kan," tandasnya.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Kasih | Puisi Hari Ini

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Penangkapan Komplotan Pengganjal ATM di Semarang

Selasa, 25 Februari 2020
Video

Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi

Selasa, 25 Februari 2020