Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capim Terpilih Harus Berani Lawan Pihak Yang Lemahkan KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 11 September 2019, 16:12 WIB
Capim Terpilih Harus Berani Lawan Pihak Yang Lemahkan KPK
Capim KPK Periode 2019-2023/Net
rmol news logo Sepuluh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) dalam dua hari ini menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. Secara bergantian mereka akan menyampaikan berbagai visi terobosan saat dipilihbmenjadi pimpinan lembaga antirasuah.

Direktur Eksekutif HICON Law & Policy Strategic, Hifdzil Alim menyatakan, KPK saat ini membutuhkan pemimpin yang memiliki tiga kriteria, diantaranya berintegritas, berani dan bebas kepentingan.

Hifdzil menjelaskan, integritas pimpinan KPK sangat diperlukan agar saat menjalankan tugas pemberantasan korupsi, mereka tidak main mata dengan siapapun yang terjerat kasus rasuah.

"Integritas ini menjadi dasar bagi pimpinan KPK untuk tak main mata dengan tersangka/terdakwa. Sekaligus bisa menjaga marwah KPK," tutur Hifdzil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (11/9).

Lebih lanjut, Hifdzil mengutarakan, setiap pimpinan KPK harus berani melawan berbagai macam tekanan yang menghambat agenda pemberantasan korupsi.  Selain itu, pimpinan KPK harus steril dari berbagai konflik kepentingan siapapun.

"Misalnya saat ini KPK seperti "diserang" melalui revisi undang-undangnya. Pimpinan KPK nanti ke depan harus berani melawan apapun yang melemahkan KPK," tukasnya.

Terakhir, Hifdzil meminta seluruh anggota Komisi III DPR RI mendalami seluruh rekam jejak para calon pemimpin KPK periode mendatang.

"Komisi III harus mendalami calon pimpinan KPK mengenai tiga hal tersebut dalam fit and proper test itu," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA